buku pegangan guru matematika kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK edisi revisi 2017 terbaru. Buku pegangan ini diterbitkan eksklusif di bawah naungan Kemendikbud dan sanggup dipergunakan oleh setiap guru pengampu matematika kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK. Buku ini isinya akan mempermudah rekan-rekan guru untuk menunjukkan standar pengajaran yang sempurna dan sesuai sasaran dari Kurikulum 2013. Buku Guru Matematika Kelas 10 […]
Matematika
Materi Sekolah | Kisi-Kisi Ujian Nasional Sd/Mi Dan Pola Soal – Matematika
A. BILANGAN Materi : Operasi Hitung Bilangan Indikator : Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka) Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan lingkaran (positif dan negatif) Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan lingkaran (positif dan negatif) […]
Materi Sekolah | Pengenalan Menjumlahkan Barisan Bilangan
Masalah 1,5 Tanpa mengoperasikan satu-satu tentukan hasil dari 1 + 2 + 3 + … + 48 + 49 + 50 Pemecahan Masalah. Amati bahwa setiap bilangan berikut dapat dijumlahkan sehingga membentuk pasanganpasangan bilangan yang hasil penjumlahannya 51, ibarat pada ilustrasi berikut. Jika lanjutkan terus akan ada sebanyak 25 pasang bilangan yang jumlahnya 51. 1 […]
Materi Sekolah | Halaman 36 – Matematika Latihan 1.3
3. Tentukan hasil dari a. 5 × ( 15 −6) b. 12 × (−7) + (−6) ÷ (−2) c. −15 ÷ (−3) −7 × (−4) d. [1 + 2 ÷ 3 × 4] × [9 × 7 (7 –8) ÷ (6 + 5)] Jawab: a. 5 × ( 15 −6) […]
Materi Sekolah | Halaman 8. Ayo Kita Menalar
Diketahui bilangan lingkaran nyata M dan bilangan lingkaran negatif N. Bilangan M tersusun dari dua angka, sedangkan bilangan N tersusun dari lima angka. Manakah bilangan yang lebih besar? Jelaskan. Diketahui bilangan A dan B ialah bilangan lingkaran negatif. Bilangan A dan B tersusun dari empat angka. Bagaimanakah langkah untuk memilih bilangan mana yang lebih besar? […]
Materi Sekolah | Halaman 9. Latihan 1.1
4. Diketahui bilangan X, Y, dan Bilangan Z. Bilangan X = 123abc Bilangan Y = 45bcde Bilangan Z = 9abcd Jika setiap abjad pada bilangan tersebut mewakili suatu angka, urutkan bilangan tersebut dari yang terbesar? Jelaskan. Jawab: X = 1 2 3 0 0 0 Y = 4 5 0 0 […]
Materi Sekolah | Halaman 17. Latihan 1.2.
1. Tentukan operasi berikut memakai garis bilangan (sketsa saja) dan tentukan hasilnya a) −35 + 47 + (–119)b) 132 − 713 + 915c) 9.000 − 1.400 + 800 − 700 Jawab: a) −35 + 47 + (–119) = 12 – 199 = -107 b) 132 − 713 + 915 = – 581 + […]
Materi Sekolah | Rumus Persegi Absurd 3 X 3
Cara 1: Methode Siamese Lihat ilustrasi di bawah: Metode di atas disebut juga sebagai metode Siamese. Langkah pertama : Taruh angka 1 selalu pada baris paling atas, pada kotak yang tengah. Kemudian isikan angka 2,3,dan seterusnya mengikuti contoh dari kiri bawah ke kanan atas. Karena kotak diatas pojok kanan tidak ada, maka angka dua ditaruh paling […]
Materi Sekolah | Rumus Persegi Ajaib 4X4
Cara 1: Rumus Rumus persegi abnormal 4×4 yaitu sebagai berikut : A B C D D-3 C+3 B-1 A+1 B+1 A-1 D-1 C+1 C+2 D-2 A+2 B-2 Gunakan tabel tersebut sebagai kunci rahasianya. Contoh 1: Kemudian kita melengkapai dengan memakai rumus yang telah disediakan. Misal A = 3, B = 19, […]
Materi Sekolah | Rumus Persegi Asing 5X5
Cara 1. Pyramyc Method Konstruksi persegi 5×5 dengan pyramid Method