• Skip to primary navigation
  • Skip to main content
  • Skip to primary sidebar
  • Home
  • Tentang Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Syarat dan Ketentuan

Materi Sekolah Indonesia

Materi Sekolah Indonesia adalah tempat untuk berbagi materi sekolah mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, dan lain-lain. Tersedia materi untuk guru dan materi untuk siswa. Materi dari sumber yang terpercaya.

  • Buku
  • Kurikulum 2013
  • Matematika
  • Ayo Menulis
  • Pendidikan Agama
  • PPKn
  • Tematik
Home » Materi Sekolah » Materi Sekolah | Evaluasi Tengah Semester Ii Kurikulum 2013 – Bahasa Indonesia

Materi Sekolah | Evaluasi Tengah Semester Ii Kurikulum 2013 – Bahasa Indonesia

2 Agustus 2018 by Materi Sekolah

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia
Kelas                       : VII (Tujuh )

Untuk soal nomor 1 samapi dengan 50 pilihlah jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan pada abjad A, B, C atau D pada lembar jawaban!
 
1.    Perhatikan puisi rakyat berikut dengan saksama!

      Pasir dan ombak di bawah langit biru
      Semua ada di Pantai Goa Cemara
      Patuhilah selalu pesan yang tersirat ibumu
      Agar hidupmu tidak sengsara

 
      Dilihat dari rimanya, bait puisi tersebut adalah:
      A.    syair            C. pantun
      B.    seloka         D. gurindam

2.    Perhatikan puisi rakyat berikut dengan saksama!

       Kurang pikir kurang siasat
       Tentu dirimu akan tersesat
       

       Dilihat dari jumlah baris dalam satu baitnya, puisi tersebut yakni …
       A.    syair           C. pantun
       B.    seloka        D. gurindam

3.     Perhatikan puisi rakyat berikut dengan saksama!
         Pada zarnan dahulu kala
         Tersebutlah sebuah dongeng
         Sebuah negeri yang kondusif tenang sentosa
         Dipimpin sang raja rupawan nan bijaksana

         Dilihat dari unsurnya, puisi rakyat tersebut termasuk jenis … :
         A.    syair         C. pantun
         B.    seloka      D. gurindam

4.    Perhatikan gurindam berikutdengan saksama!
 
        Apabila hidup selalu berbuat baik
        Tanda dirinya berhati manis
        Jika hendak hidup senang
        Jangan pernah melaksanakan perbuatan sia-sia

 

        Kalimat larangan dalam gurindam tersebut yakni ….
        A     Jika hendak hidup senang
        B.    Tanda dirinya berhati manis
        C.    Apabila hidup selalu berbuat baik
        D.    Jangan pernah melaksanakan perbuatan sia-sia

5.    Perhatikan syair berikut dengan saksama!
        Ilmu didapat tiada cepat
        Mesti sabar hatinya berpengaruh
        Moga Tuhan berikan rahmat
        Marijaga hati serta niat

        Kalimat usul pada syair tersebut yakni …
        A.     Ilmu didapat tiada cepat
        B.    Mesti sabar hatinya berpengaruh
        C.    Moga Tuhan berikan rahmat
        D.    Mari jaga hati serta niat

6.    Kalimat beragam kekerabatan tujuan terdapat pada pantun ….
        A.     Jalan-jalan ke Pacitan            
               Jangan lupa bawa bekal acar        
               Agar hidup tercapai tujuan            
               Hendaklah perjaka rajin berguru    
 

        B.    Di Kotagede ada jalan Kemasan                
               Sering dilanda banjir yang sangat parah    
               Jika hidup bermalas-malasan                     
               Masa depan tak tentu arah   

                 
      
C.     Jangan engkau berkata idih    
             Saat melihat perampok bertobat    
             Hari ini saya sedih    
             Karena berpisah dengan sahabat
 

       D.     Membeli belut ke pasar Godean
                Belut panjang sepanjang pita    
                Walaupun berguru banyak godaan    
                Tetaplah teguh mencapai cita-cita   

   
7.     Perhatikan syair berikut dengan saksama!         

        (1)  Hai muda berakal budiman
        (2)  Hasilkan kemudi dengan pedoman
        (3)  Alat perahumu jua kerjakan
        (4)  Itulah jalan membetuli insan

        Kalimat seru pada syair tersebut terdapat pada baris ke- ….
        A.     1 
        B.    2
        C.    3
        D.    4

8.    Perhatikanpantun berikut dengan saksama!
        (1) Berjalan-jalan ke Semprang
        (2) Kubeli bandeng tanpa’durl
        (3) Belajarlah mulai sekarang,
        (4) Untuk hidup kemudian hari

     Kalimat perintah pada pantun tersebut terletak pada baris ke- ….
      A.    1         C. 3
      B.    2         D. 4

9. Pernyataan yang sempurna sesuai pantun tersebut yakni ….     
     A.    Baris pertama dan kedua pantun tersebut sebagai sampiran
            memakai kalimat beragam kekerabatan tujuan.
    B.    Baris pertama dan kedua pantun tersebut sebagai sampiran 

            memakai kalimat beragam kekerabatan / keterangan.
    C.    Baris ketiga dan keempat sebagai isi 

            memakai kalimat beragam kekerabatan perintah.
    D.    Baris ketiga dan keempat sebagai isi 

            memakai kalimat beragam kekerabatan konjungsi.

10.  Perhatikan pantun berikut dengan saksama!
       Berwisata ke Bengkulu
       Membawa bekal ketupat
       Sebaiknya kamu pikir dahulu
       Demi keputusan yang sempurna
   
      Kata yang mengatakan saran pada pantun tersebut yakni ….
      A.    kata demi pada baris keempat
      B.    kata sebaiknya pada baris ketiga
      C.    kata depan ke pada baris pertama
      D.    kata berimbuhan ke- pada baris kedua

11.  Syair yang mengandung ungkapan cinta tanah air yakni ….  
       A.   Wahai generasi muda
              Teguhlah  dalam berusaha 
              Tekunlah dalam berdoa   
              Demi meraih cita-cita         

      B.     Wahai muda dan perjaka              
               Kenali lingkungan kita                 
               Saat alam sekitar dalam ancaman       
               Kita harus selalu siaga 

            
      C.  Janganlah lelah ataupun letih
            Meski langkah kita tertatih
            Meski ram but juga mulai memutih
             Kita takkan pudarkan merah putih 
 

     D.     Wahai pemudi dan perjaka
              Siapa slalu berkunjung ke dunia maya
              Pasti menyadariadanya ancaman
              Di samping keunggulan berdaya guna

12.    Perhatikan pantun berikut dengan saksama!
         Kapal berlayar tanpa muatan
         Diiringi musik orkes simponi
         Bumi merana kehabisan hutan
        Tanam pohon hanya ceremoni

        Isi pantun tersebut yakni ….
        A.     Sebuah kapal yang kosong tanpa muatan
        B.     Simponi bumi yang rnerana
        C      Sindiran terhadap rusaknya alam
        D.    Ceremoni mer.anam pohon

13. Perhatikan gurindam berikut dengan saksama!
    Apabila kelakuan baik berbudi
    Hidup menjadi indah tak akan merugi

    Apabila hidup selalu berbuat baik
    Tanda dirinya berhatl manis
    Jagalah hati jagalah ekspresi
    Agar kau tidak hidup dalam penyesalan

    Isi gurindam tersebut yakni ….
     A.     Tips menjadi orang cantik, baik hati, dan tidak merugi  
     B.     Kehidupan seorang budiman akan penuh kedamaian
    C.    Kebaikan untuk mempersiapkan bekal di darul abadi nanti
    D.     Penyesalan seumur hidup akan rnembuat orang merana
 
Perhatikan syair berikut untuk mengerjakan soal nomor 14 dan 15!
    (1)    Wahai pemudi dan perjaka
    (2)    Bumi yang kita tinggali semakin renta
    (3)    Lebih renta dari nenek moyang kita
    (4)    Marilah selalu kita jaga

14. Alasan yang mengatakan bahwa lsl syair terse but perihal lingkungan hidup yakni ….     A.    Melibatkan generasi muda dengan lingkungan virtual
    B.    Baris kedua mengatakan bahwa bumi telah tua
    C.    Ajakan untuk menjaga nenek moyang insan
    D.    AjakCJn bagi perjaka untuk menjaga alam liar

15.    Kallmat ajakan  terdapat pada baris ke ….     A.    1    
    B.    2
     C.    3
    D.     0.4

16. Perhatikan pantun berikut dengan saksama!    Ayo makanlah ayam betutu
    Disajikan di atas pinggan
    Belajaflahengkau di setiap waktu
    Belajar kewajiban setiap insan

    Konjungsi yang sempurna untuk melenqkapi kepingan rumpang pantun tersebut yakni ….
    A.    jiwa
    B.    lantaran
    C.    walaupun
    D.    sedangkan

17. Perhatikan pantun berikut dengan saksama!

    Sulit mencari harimau jawa
    Dia bersembunyi di dalam ( … ]
    Siapa pula takkan [ … ]
    Melihat monyet duduk berbedak

    Kata yang sempurna untuk melengkapi kepingan rumpang pantun tersebut yakni ….
    A.     semak, tertawa
    B.    gua, tersedak
    C.     kotak, merasa
    D.    rawa,tergelak

18.
    Wahai perjaka penerus [ … ]
    Janganlah engkau berputus asa
    Saat rintangan mengaduk [ … ] 
    Tunjukkan semangat kamu pun bisa

 

    Kata yang sempurna untuk melengkapi kepingan rumpang syair tersebut yakni ….

    A.    asa, rasa                C. negeri, terperi
    B.    bangsa, rasa         D. kejayaan, di depan

19.    Perhatikan gurindam berikut dengan saksama!  
Kurang pikir kurang [ …]
Kelak hidupmu bakal tersesat

Jika engkau berlaku jujur
Pasti hidupmu takkan […] 
 

Ayolah jaga kesehatan [ … ]
Agar tubuh tak sering mengaduh  


    Kata yang sempurna untuk melengkapi kepingan rumpang gurindam tersebut yakni ….
    A.    siasat, lebur, subuh           C. maksiat, kubur, tubuh
    B.    siasat, hancur, tubuh         D. sahabat, hancur, tubuh

20.    Pantun agama terdapat pada ….
    A.    Belajar membatik kebudayaan Jawa .
           Canting menari di atas belacu
           Siapa pula takkail tertawa
          Melihat monyet duduk bergincu

    B.    Boneka barbie di dalam beling
           Dijadikan benda kesayangan
           Kembangkan terus kegemaran membaca
           Agar lebar langkah dan luas pandangan

    C.    Memasak  di atas batu  
           Kura minyak supaya lebih sehat
           Sembahyang sempurna waktu
           Sebagai bekal menuju darul abadi

    D.    Saat bertiup angin badai
            Katak sembunyi di dalam kolam
            Menanam pohon menanam kehidupan
           Untuk menjaga kelestarian alam.

21. Perhatikan puisi rakyat berikut dengan saksama!

(1) Untuk apa berbuat baik
    Jika tak ingin masuksurga

(2) Jalan-jalan ke Kota Jogja
    Jangan lupa membeli bakpia

(3) Jika ingin hidupmu selamat
    Hindari perbuatan maksiat

(4) Perbuatan manakah yang kan Tuhan terima
    Itulah niscaya perbuatan baik adanya

Bait yang sesuai denqan ciri-ciri gurindam yakni …
A.    1     C. 3
B.    2     D. 4

22.    Syair yang berisi perihal pendidikan yakni ….
    A.    Wahai generasi muda         
        Janganlah engkau suka menunda    
        Sanyak pekerjaan di masa muda    
        Segera selesaikan supaya lega di dada    
    B.    Saat ajal tiba mendekat 
        Siapa yang akan rnenjadi sahabat    
        Telah siap rnalalkat petugas pencatat
        Dengan catatan amal dan maksiat
    C.    Di hari yang panas makan jeli
        Barangsiapa suka tertawa
        Menepis lara dan sedih
        Senyum dilepas di atas muka
    D. Semangat membaca sedanq digalakkan
        Agar pengetahuan selalu didapatkan
        Untuk mencapai masa kemajuan
        Demi gemilang di kiamat

23. Perhatikan kepingan gurindam berikut dengan saksama!

    Saat dendam membara dijaga […]

    Baris yang sempurna untuk melengkapi gurindam tersebut yakni : …
    A.  Bersiaplah menghadapi mara ancaman
    B.  Kau akan menemukan cahaya
    C.    Kelak hidupmu akan merugi
    D.    Penyakit akan menggerogoti hati

24.    Pantun teka-teki terdapat pada ….
    A.    Naik sepeda bannya kempes
        Dibonceng sahabat gendut badannya
        Jika ingin engkau sukses
        Selajar tekun itu kuncinya

    B.    Kurang makan tubuh kurus
        Harus ditunjang masakan sehat
        Di dunia berjalan lurus
        Untuk bekal di darul abadi

    C.    Di hari yang panas makan jeli
        Sayangkan betapa segarnya
        Siapa pula takkan geli
        Melihat monyet naik sepeda

    D.     Sore hari makan kebab
        Lebihenak ditambah mayones      
        Siapa tahu silakan jawab    
        Apa nama lain Pulau Flores  

25. Perhatikan pantun berikut dengan saksama!

    Menikmati senja indah di pantai
    Lebih indah bersama sahabat
    Jika engkau cerdik dan pintar
    Binatanq apa geraknya lambat

    Balasan yang sempurna untuk pantun tersebut yakni ….
    A.    Di dermaga kapal tertambat
        Habis berlayar keliling dunia
        Sinatang apa geraknya lambat
        Itulah kukang namanya
       
    B.    Bersama sahabat suka dan sedih
        Itulah namanya sahabat
        Sinatang kukang selalu lambat
        Namun itulah kelakuannya

    C.    Kota bunga kota Tomohon
        Adanya di Sulawesi Utara
        Kukang hidup di atas pohon
        Semua tak sabar dengan kelakuannya

    D.    sore-sore makan masakan ringan manis pukis
        Dihidangkan di atas nampan
        Kukang ada di hutan tropis
        Geraknya itu selalu pelan

Perhatikan kutlpan teks fabel berikut dengansaksama untuk mengerjakan soal nomor 26 dan 27!

        Pada suatu pagi indah dengan matahari yang cerah, Pak Tua Rusa mengunjungi kediaman keluarga  Ipsi Tupai di sebuah desa dengan mengendarai bus. Bus melaju melewati hutan hujan. Alam yang indah menjadi pemandangan sepanjang jalan.

26.    Ciri fabel yang terdapat pada kutipan teks tersebut yakni …
    A.    Tokoh yakni para binatang
    B.    Rangkaian insiden sebab-akibat
    C.    Menggunakan latar daerah di hutan
    D.    Tokoh sanggup berb ara menyerupai insan

27.    Bukti bahwa kutipan teks tersebut termasuk fabel pembiasaan yakni …
    A.    adanya hutan hujan
    B.    tokoh mengendatai bus
    C.    rumah tokoh di desa manusla
    D.    alam yang indah sepanjang jalan

Perhatikan kutipan teks fabel berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor 28, 29, 30!

Sang Belalang sembah heran dengan apa yang dUakukan Semut kemudian ia bertanya kepada salah satu
Semut tantara yang sedang berjaga di erat para Semutpekerja, “Kenapa kalian membawa masakan yang banyak itu masuk kesarang kalian?”
Sang semut menjawab, “Kami melakukannya supaya kami tidak kelaparan dikala ekspresi dominan cuek tiba.”
Lalu sang Belalang kaget, “Musim dingin?”

28.    Kata ganti orang pertama jamak dalam kutipan fabel tersebut adaiah ….
    A.    ia         C.kalian
    B.    kami         D. mereka

29.    Struktur teks fabel pada kutipan tersebut merupakan kepingan …
    A.    orientasi     C. resolusi
    B.    kompllkasi     D. koda

30. Tokoh Belalang pada kutipan fabel tersebut termasuk tokoh ….
    A.    antagonis     C. protagonis
    B.    tritagon;5     D. melankolis

31. Perhatikan kutipan teks fabel berikut dengan saksama!

Ulu, seekor katak hijau sedang bangun di pinggir kolam. Hari itu langit sangat gelap [ … ] hari menyerupai
itutah yang Ulu sukai. Tidak usang kemudian, air mulai menetes perlahan-Iahan dari angkasa.
“Hujan tetah tibal” Ulu berteriak [ … ] girang.     .
Ulu pun mulai bersenandung sambal melompat-lompat mengitari kolam. la melihat semut yang keeil
sedang berteduh di balik bunga matahari.
“Wahai semut, hujan telah tiba jangan bersembunyil” seru Ulu kepada semut yang sedang berusaha keras menghindari tetesan ,air hujan.

    Konjungsi uituk mengisi kutipan fabel yahg rumpang tersebut yakni ….
    A.    di, dengan      C. namun, kemudian
    B.    dari, tetapi     D. dan, dengan

32. Perhatikan kutipail teks fabel berikut dengan saksamal

Siang hari itu suasana di hutan sangat terik. Tempat tinggal si Kancil, si Gajah, dan lainnya seakan
terbakar. Kancil kehausan. Dia berjalan-jalan [ … ] air;

Kata kerja untuk mengisi kutipan fabel yang rum pang terse but yakni …. ,
A.    mencari     C. mendamba
B.    memlnum     D. menyongsong

Perhatikan kutipan teks fabel berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor 33, 34, dan 351
(1) Sore itu tiga kelinci kecil, Cici, Pusi, dan Upi bermain bersama di daerah la pang di hutan. Tiba-tiba Cici melihat sesuatu tergeletak dalam bungkus plastik.
(2) “Hai teman-teman lihatlahl” Cici berteriak sambil menunjuk ke arah bungkus plastik.
(3) “Wah, masakan teman-teman,” teriak UpL’     .
(4) “Asyik. sore ini kita makan enak” Pusi bersorak kegirangan.
(5) Cici mengambil masakan ringan manis itu, membuka bungkusnya dan tercium aroma harum dari masakan ringan manis itu. Tiba-tiba muncul niat liciknya.

33.    Tema kutipan fabel tersebut yakni ….
    A.    makan bersama sahabat
    B.    ingatlah ternarr dikala senang
    C.    kecerdikan membawa musibah
    D.    kelicikan lantaran keserakahan

34.    Latar suasana terdapat pada kalimat nomor ….
    A.    2     C. 4
    B.    3     D. 5

35.    Perbaikan penulisan kalimat yang bergaris bawah yakni ….
    A.    “Asyik! sore ini kita makan enak!” Pusi bersorak kegirangan.
    B.    “Asyik, sore ini kita makan enak!” Pusi bersorak kegirangan.
    C.    “Asyik, sore ini kita makan enak!,” Pusi bersorak kegirangan.
    D.    “Asyik … sore ini kita makan enak!” Pusi bersorak kegirangan.

Perhatikan kutipan teks fabel berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor 36,37, dan 38!

Pada suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. la bertemu dengan si Kur – ura yang terlihat
hanya mondar-mandir.
“Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?” teriak si Rusa. .:
“Aku sedang mencari sumber penqhidupan,” jawab si Kura-kura.
Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun si Rusa tetap marah. Bahkan, si Rusa mengancam akan
menginjak tubuh si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel a1kekuatan betis. Si Rusa murka mendengartantangan si Kura-kura. la pun meminta si Anjing dan
si Siput untuk menjadi saksl pertandingan mereka.

36.    Tokoh antagonis dalam kutipan fabel tersebut yakni ….
    A.     si Siput
    B.     siRusa
    C.     siAnjing
    D.     si Kura-kura

37.    Orientasi pada kutipan teks fabel tersebut yakni ….
    A.     diawali dengan konflik batin
    B.    diawali dengan deskripsi latar
    C.    diawali dengan aktivitas tokoh
    D.    diawali dengan latar masa lalu

38.    Penceritaan kembali sesuai fabel tersebut yakni …
    A. Pada suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggirdanau. la bertemu dengan si Kura-kura yang terlihat
    hanya mondar-mandir. Si Rusa berteriak-tertak dan menantang Kura-kura untuk beitanding berkelahi betis.
    B.    Si Rusa berjalari-jalan dl hutan dan bertemu dengan si Kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir.
    Si Rusa berteriak-teriak.dan rnenantanq Kura-kura untuk bertanding berkelahi betis yang niscaya akan menang.
    C. Si Rusa yang pemarah bertemu dengan si Kura-kura. Si Rusa menganggap si Kura-kura memfitnahnya.
    Si Rusa yang berteriak-teriak menciptakan Kura-kura menanggapi dengan tantangan pertandingan berkelahi betis.
    D. Si Rusa yang pemarah bertemu dengan si Kura-kura, Si Rusa menganggap si Kura-kura mengganggunya.
    Si Rusa yang berteriak-teriak menciptakan si Kura-kura menanggapi dengan tantangan pertandingan berkelahi
    betis

Bagikan ini:

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Cetak

Ditempatkan di bawah: Materi Sekolah Ditag dengan:bahan ajar, bank soal, BI7, bimbel, bsnp, buku bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013, buku ips kelas 7 kurikulum 2013, buku matematika kelas 5, buku matematika kelas 7, buku pkn kelas 7 kurikulum 2013, cara cepat belajar bahasa inggris, cek pembayaran listrik, contoh psikotes, contoh soal, contoh soal bahasa inggris, contoh soal cpns, contoh soal matematika, contoh soal psikotes, contoh tes psikotes, download game tebak gambar, erlangga, evolusi, gambar, gambar game, gambar kunci, game tebak, game tebak gambar, game tebak kata, ips kelas 7, jawaban, jawaban tebak gambar, jawaban tebak gambar lengkap, jawaban tebak gambar level, jawaban tebak gambar level 1, jawaban tebak gambar level 10, jawaban tebak gambar level 11, jawaban tebak gambar level 11 beserta gambarnya, jawaban tebak gambar level 12, jawaban tebak gambar level 13, jawaban tebak gambar level 13 beserta gambarnya, jawaban tebak gambar level 14, jawaban tebak gambar level 15, jawaban tebak gambar level 16, jawaban tebak gambar level 17, jawaban tebak gambar level 17 beserta gambarnya, jawaban tebak gambar level 18, jawaban tebak gambar level 19, jawaban tebak gambar level 2, jawaban tebak gambar level 20, jawaban tebak gambar level 21, jawaban tebak gambar level 22, jawaban tebak gambar level 23, jawaban tebak gambar level 24, jawaban tebak gambar level 25, jawaban tebak gambar level 26, jawaban tebak gambar level 27, jawaban tebak gambar level 28, jawaban tebak gambar level 29, jawaban tebak gambar level 3, jawaban tebak gambar level 30, jawaban tebak gambar level 31, jawaban tebak gambar level 32, jawaban tebak gambar level 37, jawaban tebak gambar level 4, jawaban tebak gambar level 5, jawaban tebak gambar level 6, jawaban tebak gambar level 7, jawaban tebak gambar level 8, jawaban tebak gambar level 9, kamus bahasa inggris, kata kunci tebak gambar, kuis tebak gambar, kunci, kunci jawaban, kunci jawaban asah otak, kunci jawaban matematika, kunci jawaban tebak gambar, kunci jawaban tebak gambar beserta gambarnya, kunci jawaban tebak gambar lengkap, kunci jawaban tebak gambar level 1, kunci jawaban tebak gambar level 10, kunci jawaban tebak gambar level 11, kunci jawaban tebak gambar level 11 beserta gambarnya, kunci jawaban tebak gambar level 12, kunci jawaban tebak gambar level 13, kunci jawaban tebak gambar level 13 beserta gambarnya, kunci jawaban tebak gambar level 14, kunci jawaban tebak gambar level 15, kunci jawaban tebak gambar level 16, kunci jawaban tebak gambar level 17, kunci jawaban tebak gambar level 17 beserta gambarnya, kunci jawaban tebak gambar level 18, kunci jawaban tebak gambar level 19, kunci jawaban tebak gambar level 2, kunci jawaban tebak gambar level 20, kunci jawaban tebak gambar level 21, kunci jawaban tebak gambar level 22, kunci jawaban tebak gambar level 23, kunci jawaban tebak gambar level 24, kunci jawaban tebak gambar level 25, kunci jawaban tebak gambar level 26, kunci jawaban tebak gambar level 27, kunci jawaban tebak gambar level 29, kunci jawaban tebak gambar level 3, kunci jawaban tebak gambar level 30, kunci jawaban tebak gambar level 4, kunci jawaban tebak gambar level 5, kunci jawaban tebak gambar level 6, kunci jawaban tebak gambar level 7, kunci jawaban tebak gambar level 8, kunci jawaban tebak gambar level 9, kunci jawaban tebak siapa aku, kunci jawaban tts, kunci tebak gambar, kunci tebak gambar level 10, kunci tebak gambar level 11, logika matematika, Matematika, matematika kelas 4, matematika kelas 5, matematika kelas 7, matematika sd, metode pembelajaran, model pembelajaran, model pembelajaran jigsaw, model pembelajaran kooperatif, pasang iklan gratis, pelajaran bahasa indonesia, pelajaran bahasa inggris, pelajaran ipa kelas 6, pelajaran kelas 5, pelajaran matematika, pelajaran matematika kelas 4, pelajaran matematika kelas 5, pelajaran matematika kelas 6, pendekatan pembelajaran, penerbit erlangga, pengertian metode pembelajaran, permainan tebak gambar, permainan tebak kata, pidato bahasa inggris, psikotes, psikotes kerja, rekening listrik, rumus matematika, semua, soal, soal ips, soal matematika, soal matematika kelas 1 sd, soal matematika kelas 3 sd, soal matematika kelas 4, soal matematika kelas 5, soal matematika kelas 5 semester 1, soal matematika kelas 5 semester 2, soal pkn, soal psikotes, soal psikotes kerja, soal soal psikotes, soal stan, soal ujian, soal un, soal un bahasa indonesia, soal un matematika, soal un sd, soal un smp, soal7, tebak, tebak gambar, tebak gambar level, tebak gambar level 1, tebak gambar level 10, tebak gambar level 11, tebak gambar level 12, tebak gambar level 12 beserta gambarnya, tebak gambar level 13, tebak gambar level 14, tebak gambar level 15, tebak gambar level 16, tebak gambar level 16 beserta gambarnya, tebak gambar level 17, tebak gambar level 18, tebak gambar level 19, tebak gambar level 2, tebak gambar level 20, tebak gambar level 21, tebak gambar level 22, tebak gambar level 23, tebak gambar level 24, tebak gambar level 25, tebak gambar level 26, tebak gambar level 27, tebak gambar level 28, tebak gambar level 29, tebak gambar level 3, tebak gambar level 30, tebak gambar level 4, tebak gambar level 5, tebak gambar level 6, tebak gambar level 7, tebak gambar level 8, tebak gambar level 9, tebak gambar terbaru, tebak kata, tes psikologi, tes psikotes, tes psikotes kerja, tes stan, ujian nasional, un smp, usm stan

Sidebar Utama

Kategori Materi

  • Ayo Menulis
  • Bahasa Indonesia
  • Buku
  • Download
  • Geografi
  • IPA
  • IPA 6
  • IPA 7
  • IPA 8
  • IPA 9
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 1
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 4
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 5
  • Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2
  • Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3
  • Kurikulum 2013
  • Matematika
  • Materi Sekolah
  • Pendidikan Agama
  • PKN9
  • PPKn
  • Praktikum Kelas 6
  • Raport
  • Revisi 2017
  • Revisi 2018
  • RPP
  • SD Kelas 1
  • SD Kelas 2
  • SD Kelas 4
  • SD Kelas 5
  • SMA Kelas X
  • SMA Kelas XII
  • Soal 5
  • Soal 6
  • Soal 8
  • Tematik

Pengertian Seni Sastra, Ciri, Fungsi, Manfaat, Unsur, Jenis-Jenis Seni Sastra Terlengkap

Materi Sekolah | Buku Guru Mapel Ppkn Kelas Xii Edisi Revisi 2018

Materi Sekolah | Buku Guru Kelas 4 Sd Dan Mi Tema 4 Edisi Revisi 2017 (K-2013)

Materi Sekolah | Bahan Kelas 4 Sd/Mi Tema 9 Edisi Revisi 2017 (K-2013)

Materi Sekolah | Buku Guru Mapel Ppkn Kelas Xii Edisi Revisi 2018

Materi Sekolah | Buku Guru Kelas 4 Sd Dan Mi Tema 4 Edisi Revisi 2017 (K-2013)

Materi Sekolah | Bahan Kelas 4 Sd/Mi Tema 9 Edisi Revisi 2017 (K-2013)

Materi Sekolah | Bahan Kelas 4 Sd/Mi Tema 7 Edisi Revisi 2017 (K-2013)

Copyright © 2018 · Materi Sekolah