• Skip to primary navigation
  • Skip to main content
  • Skip to primary sidebar
  • Home
  • Tentang Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Syarat dan Ketentuan

Materi Sekolah Indonesia

Materi Sekolah Indonesia adalah tempat untuk berbagi materi sekolah mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, dan lain-lain. Tersedia materi untuk guru dan materi untuk siswa. Materi dari sumber yang terpercaya.

  • Buku
  • Kurikulum 2013
  • Matematika
  • Ayo Menulis
  • Pendidikan Agama
  • PPKn
  • Tematik
Home » Materi Sekolah » Materi Sekolah | Unsur Pokok Gerakan Tari & Gerakan Tari

Materi Sekolah | Unsur Pokok Gerakan Tari & Gerakan Tari

1 Juli 2008 by Materi Sekolah

Unsur Pokok Gerakan Tari & Gerakan Tari – Tari ialah Gerak tubuh insan merupakan substansi (bahan baku) dalam seni tariyang telah mengalami proses penggarapan/pengolahan (stilasi/distorsi). Gerak muncul jawaban perpindahan tubuh atau belahan (anggota) tubuh dari suatu perilaku ke perilaku yang lain. Perpindahan tubuh/anggota tubuh diakibatkan oleh kekuatan yang disalurkan dari seluruh tubuh, kekuatan tersebut disebut tenaga. Gerak yang terlahir membutuhkan kawasan untuk keleluasaannya, kawasan utuk keleluasaan gerak tubuh itu disebut ruang. Pada ketika melaksanakan suatu gerak atau menghubungkan antara satu gerak ke gerak yang lainnya membutuhkan adanya waktu. Unsur-unsur pokok dalam gerak tari, yaitu tenaga, ruang, dan waktu.

Tari ialah gerakan berirama sebagai ungkapan jiwa insan yang didalamnya terdapat unsur keindahan, Kali Ini Materi Sekolah Menjelaskan Tentang Unsur Pokok Gerakan Tari & Gerakan Tari dibawah ini;

Unsur Pokok Gerakan Tari & Gerakan Tari

Unsur Pokok Gerakan Tari – Gerak tari bukanlah gerak-gerak menyerupai yang kita lakukan dalam kehidupan seharihari. Gerak tari merupakan gerak-gerak yang telah mengalami proses tertentu. Jadi, gerakgerak tersebut sudah tidak alami sebab sudah mendapat perubahan-perubahan dari bentuk semula. Gerak-gerak tari sudah diolah secara khusus berdasarkan perasaan, khayalan, persepsi, dan interpretasi. Gerak-gerak tari juga merupakan hasil perpaduan pengalaman estetis dengan intelektualitas. Oleh sebab itu, timbullah suatu pengertian bahwa gerak tari ialah gerak-gerak yang telah distilir sehingga menghasilkan gerak-gerak yang indah.

 Tari ialah Gerak tubuh insan merupakan substansi  Materi Sekolah |  Unsur Pokok Gerakan Tari & Gerakan Tari

Gambar diatas merupakan pola gerak sehari-hari yang sering dilakukan manusia, yaitu menyisir rambut. Adapun gambar yang merupakan gerak menyisir rambut yang telah dijadikan gerak tari. Dengan melihat gerak pada gambar, terang terlihat bahwa gerak sehari-hari berbeda dengan gerak tari.

Dalam gerak tari terdapat unsur-unsur pokok sehingga terwujud gerak-gerak yang indah. Unsur-unsur pokok dalam gerak tari, yaitu tenaga, ruang, dan waktu.

Berikut akan diuraikan mengenai unsur-unsur pokok gerak tari tersebut.

a. Tenaga

Pengaturan dan pengendalian tenaga pada ketika menari merupakan salah satu kunci yang harus dikuasai supaya sanggup menari dengan baik dan kreatif. Tenagalah satu-satunya kekuatan yang mengawali, mengendalikan, dan menghentikan gerak. Adanya pedoman tenaga pada seluruh tubuh akan menjadikan tubuh bergerak. Selanjutnya, tenaga yang dikeluarkan dalam melaksanakan gerak tari akan menimbulkan dinamika.
Rangkaian gerak dalam setiap tarian tidak hanya memakai satu macam tenaga.
Ada gerak yang memerlukan tenaga ringan, ada juga gerak yang memerlukan tenaga kuat. Oleh sebab itu, ketika kita menari harus lebih cermat dan teliti serta penuh konsentrasi dalam memanfaatkan tenaga. Perhatikan pola beberapa gerak yang memerlukan tenaga yang berbeda berikut ini!
1) Gerak dengan tenaga ringan

 Tari ialah Gerak tubuh insan merupakan substansi  Materi Sekolah |  Unsur Pokok Gerakan Tari & Gerakan Tari

2) Gerak dengan tenaga kuat

 Tari ialah Gerak tubuh insan merupakan substansi  Materi Sekolah |  Unsur Pokok Gerakan Tari & Gerakan Tari

b. Ruang

Ruang ialah salah satu unsur pokok tari yang memilih terwujudnya atau terungkapnya gerak. Hal ini sebab tidak mungkin suatu gerak lahir tanpa adanya ruang gerak. Penari sanggup bergerak atau menari sebab adanya ruang. Ruang gerak tersebut mencakup posisi (arah hadap dan arah gerak), level atau tingkatan gerak, dan jangkauan gerak. (seni tari Ari Subekti)
Posisi merupakan salah satu aspek ruang. Posisi memperlihatkan arah hadap dan arah gerak penari. Arah hadap penari ketika melaksanakan gerak tari, misalnya, ke depan atau muka, ke belakang, ke sudut kanan, ke sudut kiri, ke samping kanan, dan ke samping kiri. Adapun, arah gerak penari, misalnya, ke depan, mundur, ke samping kanan, ke samping kiri, ke arah zig-zag, dan berputar searah jarum jam.

Ruang gerak tari yang lain ialah level atau tingkatan gerak. Level dalam ruang lingkup tari terdiri atas level atas, level sedang, dan level rendah. Level rendah ditunjukkan oleh banyak sekali posisi duduk ketika menari. Pada level sedang, penari bangkit dengan posisi kaki menekuk hingga pada posisi kaki diluruskan. Adapun level tinggi dalam menari ditunjukkan oleh penampilan gerak tari mulai dari posisi kaki jinjit hingga gerakan meloncat-loncat atau menjauhkan tubuh dari lantai. Perhatikan pola gerak tari dengan level tinggi, sedang, dan rendah dalam gambar dibawah ini:

 Tari ialah Gerak tubuh insan merupakan substansi  Materi Sekolah |  Unsur Pokok Gerakan Tari & Gerakan Tari

Setiap gerak yang diungkapkan dalam tarian apa pun tidak lepas dari banyak sekali hukum sesuai dengan tuntutan tarian atau petunjuk dari penata tarinya. Oleh sebab itu, gerakan dalam komposisi tari selalu bermotivasi atau mempunyai alasan-alasan tertentu. Salah satu contohnya ialah gerakan trisik dalam tarian Jawa. Penari melaksanakan gerakan tersebut dengan posisi kaki dijinjitkan dan langkahlangkah pendek (lari-lari kecil). Jika tidak menyerupai itu, gerakan trisik yang dilakukan dianggap salah.

Berdasarkan pola tersebut, sanggup disimpulkan bahwa gerak-gerak suatu tarian mempunyai hukum dan batasan jangkauan gerak yang ditentukan berdasarkan norma-norma tarian tersebut. Jadi, gerak tari mempunyai jangkauan gerak tertentu. Artinya, setiap gerak tari mempunyai batas ruang gerak tertentu.
Dalam rangkaian-rangkaian gerak yang diungkapkan oleh penari, terdapat perubahan, perbedaan, atau kombinasi penggunaan arah hadap, arah gerak, jangkauan gerak, dan pengaturan level-levelnya. Hal itu akan memunculkan kekontrasan-kekontrasan. Selanjutnya, kekontrasan itu akan menghasilkan aksen-aksen yang memperlihatkan kesan menarik dan penuh kekuatan. Di sinilah letak potensi lahirnya dinamika ruang.

c. Tempo atau waktu

Gerak yang diungkapkan dalam suatu tarian tidak hanya satu gerakan. Ungkapan gerak dalam sebuah tarian intinya merupakan susunan beberapa rangkaian gerak yang sudah terpolakan. Jika seorang penari melaksanakan beberapa gerakan, secara pribadi akan tampak peralihan dari gerak yang satu ke gerak berikutnya. Dalam peralihan ini, akan tampak kekosongan sesaat sebagai napas dari ungkapan gerak yang satu ke gerak berikutnya. Hal itu memperlihatkan bahwa dalam penyajian sebuah tarian banyak ditemukan waktu atau tempo sebagai sisipan antargerak, walaupun sisipan waktu tersebut hanya sekejap. Oleh sebab itu, unsur pokok gerak tari di samping tenaga dan ruang ialah waktu atau tempo.

Unsur waktu dalam ruang lingkup seni tari didominasi oleh ritme gerak dan tempo gerak. Ritme gerak ialah elemen atau detail waktu dari awal hingga berakhirnya suatu gerak atau rangkaian gerak. Adapun tempo ialah ukuran waktu untuk menuntaskan suatu rangkaian gerak atau gerakangerakan. Agar lebih jelas, perhatikan pola di bawah ini!

 Tari ialah Gerak tubuh insan merupakan substansi  Materi Sekolah |  Unsur Pokok Gerakan Tari & Gerakan Tari

Gambar diatas memperlihatkan seorang penari berlari-lari kecil dari arah belakang menuju arah depan. Tempo dalam gerakan tersebut merupakan sejumlah waktu yang diharapkan penari untuk bergerak dari belakang hingga ke depan. Adapun ritme geraknya sanggup dilihat dari detail-detail waktu atau irama langkah kaki penari. Untuk memperlihatkan dinamika tempo atau waktu, seorang penari harus bisa mengatur irama gerak. Selain itu, penari harus betul-betul cermat dan penuh kontrol dalam mengatur perubahan-perubahan dari ritme atau irama yang cepat ke yang lambat atau dari tempo yang pendek ke tempo yang panjang.

Mungkin itu saja yang sanggup saya sampaikan mengenai materi Seni Tari ini. Semoga sanggup bermanfaat untuk anda semua dengan adanya Unsur Pokok Gerakan Tari & Gerakan Tari, mohon maaf jikalau ada kesalahan dalam penulisan ataupun pembahasan. Terimakasih

Bagikan ini:

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Cetak

Ditempatkan di bawah: Materi Sekolah Ditag dengan:akuntansi, aplikasi, aplikasi 3d max, arti, arti atlas, artikel seni patung, berita, berkarya seni rupa dua dimensi, bisnis, buku, cabang cabang seni budaya, cabang seni budaya, cinta, contoh animasi 3d, contoh contoh seni rupa, contoh dimensi, contoh karya seni rupa kontemporer, contoh karya seni rupa murni daerah, contoh kriya, contoh seni 2 dimensi, contoh seni arsitektur, contoh seni budaya, corak seni rupa, daftar, dalil zakat mal, dari, definisi urgensi, desain, deskripsi, doa zakat fitrah, ekonomi, gaya seni rupa modern, gratis, harbolnas, hukum, hukum bayar zakat, hukum mengeluarkan zakat, hukum zakat dalam islam, iman kepada takdir, indonesia, jenis, jenis karya seni rupa murni, jenis seni lukis, jepang, kamus bahasa indonesia, karya seni kontemporer, karya seni rupa kontemporer, kesehatan, ketentuan zakat penghasilan, kewajiban zakat fitrah, komputer, koperasi, lafadz zakat fitrah, lagu, lukisan 2 dimensi beserta keterangannya, makna zakat dalam islam, membayar zakat, mengenai zakat, modal, motivasi hidup, mustahiq zakat mal, nama lain zakat fitrah, niat zakat fitrah, nisab zakat fitrah, objek kajian, objek seni rupa 2 dimensi, orang, pakar ekonomi, pembahasan zakat lengkap, pembayaran zakat, pendidikan, pengertian, pengertian 0day exploit, pengertian 10k di sekolah, pengertian 2d, pengertian 3ds max, pengertian 666, pengertian 8 asnaf, pengertian 8 wajib tni, pengertian 9k, pengertian aliran seni lukis, pengertian applied art, pengertian atraksi wisata, pengertian berkarya, pengertian budaya, pengertian dari ekonomi, pengertian dasar negara, pengertian ekonomi, pengertian ekonomi syariah menurut para ahli, pengertian ekosistem, pengertian filsafat, pengertian globalisasi, pengertian ham, pengertian haul zakat, pengertian hukum, pengertian ideologi, pengertian ilmu ekonomi, pengertian ilmu ekonomi menurut paul a samuelson, pengertian karya seni 2 dimensi, pengertian karya seni terapan, pengertian kebudayaan, pengertian lembaga zakat, pengertian manajemen, pengertian musik, pengertian mustahik, pengertian mustahiq, pengertian negara, pengertian norma, pengertian object, pengertian objek pajak penghasilan, pengertian organisasi, pengertian pajak, pengertian pancasila, pengertian pendidikan, pengertian pertumbuhan menurut para ahli, pengertian peta, pengertian puisi, pengertian sejarah, pengertian seni arsitektur, pengertian seni bangunan, pengertian seni musik, pengertian seni pahat, pengertian seni rupa, pengertian seni rupa kriya, pengertian sosiologi, pengertian subjek predikat objek, pengertian teks eksplanasi, pengertian teks prosedur, pengertian wirausahawan, pengertian xess, pengertian xml, pengertian zakat fitrah menurut islam, pengertian zakat lengkap, pengertian zakat menurut bahasa, pengertian zakat menurut syariah, pertanian, pph, produk, proses, rumah, saham, sebutkan 5 cabang seni, sebutkan hikmah zakat, seni, seni 3d, Seni Budaya, seni karya, seni kriya, seni kriya 3 dimensi, seni kriya terapan, seni kriya termasuk cabang seni, seni lukis, seni rupa, seni rupa lukisan, seni rupa murni, seni rupa murni 2 dimensi, seni rupa patung, seni rupa terapan, Seni Tari, siapa yang berhak menerima zakat mal, sistem operasi, teori ekonomi menurut para ahli, teori pembangunan ekonomi menurut para ahli, unsur seni rupa, unsur unsur seni rupa, urgensi pendidikan, urgensi studi islam, wajib zakat fitrah, waktu bayar zakat, waktu bayar zakat fitrah, wanita, zakat, zakat definisi, zakat fitrah, zakat fitrah 2016, zakat fitrah disebut juga zakat, zakat mal, zakat mal emas, zakat penghasilan, zakat secara bahasa, zaman azali dalam islam

Sidebar Utama

Kategori Materi

  • Ayo Menulis
  • Bahasa Indonesia
  • Buku
  • Download
  • Geografi
  • IPA
  • IPA 6
  • IPA 7
  • IPA 8
  • IPA 9
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 1
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 4
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 5
  • Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2
  • Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3
  • Kurikulum 2013
  • Matematika
  • Materi Sekolah
  • Pendidikan Agama
  • PKN9
  • PPKn
  • Praktikum Kelas 6
  • Raport
  • Revisi 2017
  • Revisi 2018
  • RPP
  • SD Kelas 1
  • SD Kelas 2
  • SD Kelas 4
  • SD Kelas 5
  • SMA Kelas X
  • SMA Kelas XII
  • Soal 5
  • Soal 6
  • Soal 8
  • Tematik

Pengertian Seni Sastra, Ciri, Fungsi, Manfaat, Unsur, Jenis-Jenis Seni Sastra Terlengkap

Materi Sekolah | Buku Guru Mapel Ppkn Kelas Xii Edisi Revisi 2018

Materi Sekolah | Buku Guru Kelas 4 Sd Dan Mi Tema 4 Edisi Revisi 2017 (K-2013)

Materi Sekolah | Bahan Kelas 4 Sd/Mi Tema 9 Edisi Revisi 2017 (K-2013)

Materi Sekolah | Buku Guru Mapel Ppkn Kelas Xii Edisi Revisi 2018

Materi Sekolah | Buku Guru Kelas 4 Sd Dan Mi Tema 4 Edisi Revisi 2017 (K-2013)

Materi Sekolah | Bahan Kelas 4 Sd/Mi Tema 9 Edisi Revisi 2017 (K-2013)

Materi Sekolah | Bahan Kelas 4 Sd/Mi Tema 7 Edisi Revisi 2017 (K-2013)

Copyright © 2018 · Materi Sekolah